SERTIFIKAT KEAHLIAN (SKA)

Sertifikat Keahlian atau disingkat SKA adalah sertifikat yang dikeluarkan oleh pihak LPJK dan diberikan kepada tenaga ahli konstruksi atau konsultan konstruksi yang memenuhi persyaratan kompetensi, didasari disiplin ilmu, fungsi dan keahlian tertentu.

Kualifikasi tenaga ahli Jasa Konstruksi dan Jasa Konsultan Konstruksi antara lain:

  1. Ahli Muda
  2. Ahli Madya
  3. Ahli Utama

Untuk pertama kalinya, tenaga ahli dapat diberikan kualifikasi SKA AHLI MUDA setelah itu dapat ditingkatkan menjadi SKA AHLI MADYA, dan yang paling tinggi adalah SKA AHLI UTAMA .

SKA merupakan persyaratan mutlak untuk perusahaan kontraktor bila ingin proses Sertifikat Badan Usaha (SBU) & Ijin Usaha Jasa Konstruksi (IUJK) , SKA akan ditetapkan sebagai Penanggung Jawab Teknik (PJT) atau Penanggung Jawab Bidang (PJB).

SERTIFIKAT KETERAMPILAN KERJA (SKT)

Sertifikat Keterampilan atau disingkat SKT adalah sertifikat yang dikeluarkan oleh pihak LPJK dan diberikan kepada tenaga terampil konstruksi yang memenuhi persyaratan kompetensi, didasari ilmu, fungsi dan keterampilan tertentu.

Kualifikasi tenaga terampil konstruksi antara lain:

  1. Kelas 1
  2. Kelas 2
  3. Kelas 3

Untuk pertama kalinya, tenaga terampil dapat diberikan kualifikasi Kelas 3, setelah itu dapat ditingkatkan menjadi Kelas 2 dan yang terakhir Kelas 1 (kelas yang paling tinggi).

SKT merupakan persyaratan mutlak untuk perusahaan kontraktor bila ingin proses Sertifikat Badan Usaha (SBU) & Ijin Usaha Jasa Konstruksi (IUJK) dengan kualifikasi Kecil (K1, K2, K3) sebagai persyaratan untuk dapat ditetapkan sebagai Penanggung Jawab Teknik (PJT)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *